oleh

CALON PEMIMPIN TNI AL DIDIDIK DAN DISIAPKAN DARI CIPULIR

-Mitra tni-43 views

Jakarta – Koranprogresif.co.id, 13 Januari 2023 – Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-61 tahun 2023 di Auditorium Yos Soedarso, Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (12/1). Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 ini diikuti sebanyak 117 Perwira Menengah yang terdiri dari 100 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut dan 17 Pasis tamu yaitu 2 TNI AD, 2 TNI AU, 4 Polri serta 9 Pasis dari negara sahabat yang berasal dari Sri Lanka, Malaysia, Australia, Pakistan, Amerika Serikat, India, Singapura, Filipina dan Arab Saudi.

Dalam kesempatan tersebut Kasal menyampaikan bahwa teknologi hari ini telah berkembang demikian pesat, bahkan telah melompat melampaui perkiraan banyak pihak. Lompatan teknologi yang terjadi sangat mempengaruhi semua sendi kehidupan manusia, tidak terkecuali aspek pertahanan. Sejarah juga memberi catatan bahwa kemajuan teknologi selalu melahirkan pola dan bentuk peperangan serta persenjataan baru. Bangsa Indonesia tidak pernah menginginkan adanya perang, tetapi jika ingin tetap bertahan, tidak ada pilihan selain mengikuti dan beradaptasi dengan laju lompatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Untuk itulah para-Perwira Siswa berada di lembaga pendidikan ini. TNI Angkatan Laut membutuhkan para-Perwira yang berjiwa nusantara, tetapi berpikiran mendunia. Hanya dengan para pemimpin yang memiliki visi jauh ke depan serta cakrawala pandang yang luaslah TNI AL akan mampu menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan sebagai pengawal laut nusantara.” ujar Kasal.

Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-61 ini juga diikuti oleh 5 orang Perwira Menengah berpangkat Mayor di jajaran Komando Lintas Laut Militer. Secara khusus Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya karena 5 Pamen Kolinlamil dapat kesempatan mengikuti pendidikan Seskoal ini. “Kita ketahui bersama bahwa untuk bisa mengikuti pendidikan Seskoal ini tidak mudah, semua butuh perjuangan untuk bisa lolos. Selamat menempuh pendidikan, kesempatan ini patut disyukuri karena tidak semua Perwira mendapatkannya. Rasa syukur tersebut harus diwujudkan melalui tekad untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menimba ilmu dan membekali diri dengan berbagai pengetahuan serta menjalin networking antar Pasis. Next, tongkat estafet kepemimpinan TNI AL di masa mendatang akan berada di tangan kalian.” ujar Panglima Kolinlamil.

(Red)

Berita Lainnya