oleh

Bupati Himbau Waspadai Penggunaan Kantong Kresek Plastik

-Nasional-319 views

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Menindak lanjuti edaran Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) nomor KH.00.02.1.55.2890 tanggal 14 Juli 2009 Tentang Kantong Plastik “Kresek”, dalam kesempatan itu Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT. menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mewaspadai penggunaan kantong kresek dalam aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan edaran tersebut, Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT. mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kapuas agar dapat menindaklanjuti edaran tersebut guna menjaga kesehatan dan mendukung program pengurangan sampah.

Kemudian kepada Pemerintah Daerah, Rumah Sakit serta pihak Kesehatan agar ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari dampak kesehatan yang tidak diinginkan.

Dalam edaran tersebut, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia Dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS, MKes, SpFK menjelaskan bahwa kantong plastik kresek berwarna terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan.

“Dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat, dan lain-lain, dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan,” ucapnya dalam edaran.

Untuk itu, ia menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik kresek daur ulang tersebut untuk mewadahi secara langsung makanan siap santap.

Lebih lanjut, Dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS, MKes, SpFK dalam edaran tersebut juga menambahkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut, dapat menghubungi Unit Layanan Badan POM RI dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM, www.pom.go.id. (Hmskmf/ Tatang).

News Feed