oleh

Buka MTQ, Wakil Bupati Flotim: Jadilah Islam 100 % dan Lamaholot 100%

Surabaya – koranprogresif.co.id – Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH, MH, M.IP berkenan membuka kegiatan akbar MTQ tingkat Kabupaten Flores Timur di Desa Kolipetung, kecamatan Adonara di dampingi Camat Adonara, Kepala Kantor Kementrian Agama Flores Timur, perwakilan camat se-Adonara dan beberapa undangan lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut, pada Jum’at (08/10/2021).

Kegiatan itu terpaksa di undur dari pukul 19.00 wita ke pukul 22.00 wita karena Wakil Bupati Agus Boli masih di lokasi pertikaian untuk proses mediasi konflik pertikaian.

Para peserta lomba dan masyarakat masih semangat dan antusias menunggu kehadiran Wakil Bupati Flores Timur, Agus Boli.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Agus Boli mengatakan, ada dua nilai kehidupan yang di ambil dari kegiatan akbar MTQ

1. Nilai Rohaniah Imani Islam yakni dengan MTQ semakin menguatkan Iman kepada Allah melalui cinta terhadap Alquran.

2. Nilai jasmaniah estetika yakni dengan MTQ akan menghasilkan pembaca dan pelantun Alquran terbaik yang pada akhirnya memotivasi umat untuk semakin mencintai Alquran.

Wakil Bupati juga mengajak semua masyarakat untuk menjaga toleransi umat bergama di tanah Lamaholot, tanah Keru-baki, lewo Wai-Helang yang selalu membawa kedamaian dan ketentraman.

Kesempatan itu pula, Wakil Bupati Agus Boli mengajak semua masyarakat untuk mengamalkan Pancasila Lamaholot yakini “Nobo Lema”.

1. Ama Tuhan rera wulan, Ina guna tanah ekan,
2. Kakan k’eru, arin baki,
3. Puin taan uin, gahan taan kahan,
4. Pupu hugu, tobo baun, hama-hama tutu maring umeng lamak lewotana dan,
5. Tekan tabe gike hukut, tenu tabe lobo luan.

“Hal tersebut adalah sebagai hakikat ajaran leluhur Lamaholot karena itu kita harus bangga menjadi orang Lamaholot,” ungkapnya.

Di akhir sambutan Wakil Bupati, Agus Boli membantu panitia dengan lelang sukarela tujuh setengah juta rupiah.

Dalam acara itu, Wakil Bupati Flores Timur berpesan, “kuatkanlah iman mu melalui cinta Alquran, jadilah Islam 100% dan Lamaholot 100% dan kita tegakan Islam Lamaholot di bumi Lamaholot”, jelasnya. (Red/Maksimus Lewogete).

Berita Lainnya