oleh

BLT-DD Kabupaten Barsel Segera Cair, Tapi Ada Syaratnya

Buntok – koranprogresif.co.id – Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) segera akan cair.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SPMD) Kabupaten Barsel, Mario, SE di Buntok, Senin (15/03/2021).

“Bulan ini (Maret 2021, red) BLT-DD itu segera dapat dicairkan, tapi ada syarat-syaratnya,” ungkap Mario.

Itulah, lanjut mantan Camat Dusun Hilir ini, dirinya meminta para kades untuk segera menyusun Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), agar kemudian dapat menjadi syarat untuk diusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel.

“Kades juga harus membuat data yang valid dalam menyalurkan BLT bagi warga yang benar-benar berhak. Jangan sampai nanti terdapat tumpang tindih dengan data semisal yang sudah menerima bantuan dari pusat atau provinsi seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), program Prakerja dan berbagai jenis bantuan lainnya, lalu kemudian didaftar pula sebagai penerima BLT,” terang Mario.

Sejauh ini, menurut Mario, pemerintah pusat menetapkan prioritas penggunaan DD masih terfokus pada program pemulihan ekonomi dimasa pandemi selain nantinya BLT bagi warga yang berhak.

“Kita menyarankan Mudesus nantinya para kades dan perangkatnya dapat menyusun data yang valid, sehingga warga yang menerima BLT tepat sasaran tanpa adanya protes atau laporan dari warga,” ujarnya.

“Semisal nanti ada warga yang mengetahui adanya warga yang menerima BLT namun tak sesuai ketentuan, segera laporkan ke dinas atau ke pihak berwajib,” saran Mario. (Ben Progresif).

News Feed