oleh

Bidkum Kejati Berikan Penyuluhan Jaksa Masuk Sekolah di SMK Muhammadiyah

Banjarmasin – koranprogresif.co.id – Bidang Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan awali kegiatan penyuluhan Hukum melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) untuk tahun 2019 hari Rabu (24/04).

Tema kegiatan “Mengenal lebih dekat dengan Kejaksaan dan Pengenalan Hukum sejak dini terkait Undang-undang Narkotika”.

Acara JMS ini dilaksanakan di ruang musholla SMK Muhammadiyah 2, yang beralamat di Jalan Cempaka XIII, Banjarmasin. Dipandu oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kalsel, Makhfujat dengan Narasumber M. Irwan dari Satgassus TP3TPK.

Dalam penyampaiannya, didepan 60 orang siswa nara sumber menerangkan tentang mengenal lebih dekat dengan Kejaksaan dan pengenalan hukum sejak dini.

Selain tentang Undang-undang Narkotika, Irwan juga menjelaskan tentang tindak pidana ringan seperti pelanggaran lalu lintas, termasuk sanksi yang diberikan baik denda maupun kurungan.

Usai acara, kepada Awak Media Kasi Penkum, Makhfujat didampingi stap Penkum Kejati Kalsel, Nanda Perdana dan Satgasus TP3TPK, M. Irwan menyampaikan mengenai adanya pergesaran jadwal kegiatan dan Materi Kegiatan yang disampaikan.

Kegiatan JMS ini mestinya sudah dilaksanakan pada awal bulan ini, namun karena banyak kegiatan lain baru kali ini untuk tahun 2019 dilaksanakan, ungkapnya.

“Untuk kegiatan selanjutnya, kami sudah berkoordinasi dengan beberapa sekolah lain dan waktunya menyesuaikan,” pungkasnya.

Satgasus TP3TPK M.Irwan, terkait materi yang disampaikan, kepada para siswa menekankan betapa pentingnya pengetahuan tentang Narkotika.

“Walau bagaimanapun anak-anak ini perlu dibekali pengetahuan adanya aturan hukum yang melarang terkait tindak pidana khususnya Narkotika, baik memiliki, menggunakan atau memperjual belikan,maupun terhadap mereka yang mengetahui namun tidak melaporkan. Sehingga secara dini, anak-anak pelajar dapat mengetahui perbuatan-perbuatan tindak pidana Narkotika,” terangnya.

Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2, Niswatil Hilmah ketika dimintai tanggapannya mengenai kegiatan JMS disekolah yang dipimpinnya, mengaku sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, karena sekolahnya dapat tambahan ilmu tentang hukum.

“Kami berharap kedepannya SMK Muhammadiyah 2 dapat menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Tinggi, karena ini kan sekolah kejuruan jadi supaya anak-anak kami bisa magang disana,” demikian harap Niswatil Hilmah.

Mengakhiri kegiatan, pemberian cenderamata kepada Sekolah berupa Plakat berlogo Kejaksaan yang disampaikan oleh Kasi Penkum kepada Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. (MN).

News Feed