oleh

BIBIT JAGUNG JENIS BISI 18 DIBUDIDAYAKAN KELOMPOK TANI DESA KEMA 1

-TNI Polri-174 views

 

MINAHASA UTARA – Bersama dengan Kelompok Tani Tunas Muda ketua Bpk. Riski, Babinsa Serda Teddy Mandagi melaksanakan penanaman jagung jenis BISI “18” diluas lahan luas 1.5 Ha. Desa Kema 1Kec. Kema Kab. Minut, (26/11/2018).

 

Upaya khusus pendampingan Babinsa Koramil 1310-05/Kauditan tersebut, untuk mengajak dan memotivasi para petani agar mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar sehingga produksi pertanian meningkat.

“Bila hasil panen meningkat maka target swasembada pangan akan tercapai dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah,” ungkapnya.

 

Sebelum benih jagung ditanam, terlebih dahulu dilakukan persiapan benih jagung yang akan ditanam termasuk penyiapan dan pengolahan lahan. Penyiapan lahan ini bisa dibajak atau dicangkul dengan membalikan tanah sedalam 25 hingga 30 centimeter dengan tujuan menggemburkan tanah sekaligus menyeimbangkan ketersediaan unsur hara.

 

Tampak Babinsa bersama kelompok tani desa Kema 1, menanam bibit jagung Bisi 18 di lubang tanam sedalam 5 centimeter dengan jarak antara 15 centimeter kemudian ditimbun tipis dengan menggunakan tanah. Warga sangat senang dengan adanya kehadiran Babinsa dalam pendampingan pertanian sehingga menjadi penyemangat bagi para petani.

News Feed