oleh

BERSAMA MAHASISWA, KORAMIL 0716-02/BONANG CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG HIJAU

-TNI Polri-140 views

 

 

Demak – koranprogresif.co.id – Program Penghijauan yang dilaksanakan Kodam IV/Diponegoro terus dilaksanakan, guna melestarikan alam dan lingkungan.

 

Seperti yang dilaksanakan di Desa Jali, Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak di bawah pimpinan Bati Tuud Pelda Siswoyono terjun langsung bersama-sama Mahasiswa UIN Walisongo Semarang lakukan penanaman pohon Jali Goes to green trees dalam rangka pelepasan KKN, Rabu (14/11/18).

 

Menanam sejumlah 1500 pohon diantaraanya Pohon jambu, Pohon sirsat, Pohon ketapang kencana, Pohon kendal, Pohon randu, Pohon mauni yang di tanam di sisi luar sepanjang jalan desa Jali.

 

Dalam sambutanya, Camat Bonang, Haris Wahyudi Ridwan, AP. M.Si yang di dampingi Mustafid, Kepala Desa Jali, Saifullah ketua Posko KKN Desa Jali serta Sodiq FDH dari Forum Demak Hijau mengatakan, Penanaman pohon sangatlah penting karena mampu mengatasi pemanasan global serta bisa menjadikan kantung kantung air di dalam tanah dan sekaligus menjadi media serapan air untuk mencegak terjadinya banjir, selain itu juga mampu membuat lingkungan terkesan semakin ramah dan indah, ungkapnya.

 

Haris juga berharap, setelah dilakukanya penanaman pohon ini maupun  kedepanya masyarakat bisa merawat,sehingga tujuan akhir penanaman Pohan bisa terwujud, pungkasnya.

 

Pelda Siswoyono mewakili Danramil 0716-02/Bonang selaku Koordinator di lapangan memberikan apresiasi positif adanya KKN di desa Jali, karena keberadaan mereka sangat memberikan arti bagi perkembangan Pemerintahan desa Jali khususnya dan warga pada umumnya. KKN merupakan implementasi dari program Civitas Akademika tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat, ucap Pelda Siswoyono

 

Hal senada juga di sampaikan oleh Babinsa Desa Jali Pelda Jumbadi, yang sudah bersama Mahasiswa hampir satu bulan. Sejumlah Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang telah menyelesaikan program KKN di sejumlah desa.

 

Untuk memberikan kenangan selama KKN, para Mahasiswa berinisiatif untuk melaksanakan penghijauan di sepanjang jalan Desa Jali. Jika mereka sudah sukses nantinya ada kenangan tersendiri melihat kokohnya pohon yang mereka tanam selama melaksanakan KKN. Pesan Wasilah kepada para Mahasiswa janganlah melupakan Desa Jali, sekecil apapun pasti ada yang berkesan buat mereka.

 

“Kepada warga Babinsa juga sampaikan agar merawat pohon yang sudah ditanam, agar tumbuh subur dan sebagai perindang di sepanjang jalan Desa Jali,” tegas Pelda Jumbadi.

 

Yunita, salah satu Mahasiswi menuturkan, pengabdian masyarakat sebagai wujud pelaksanaan salah satu kewajiban mahasiswa yang terlaksana di desa Jali belum seberapa. Di banding dengan apa yang telah warga berikan kepada Mahasiswa, termasuk TNI dalam hal ini Babinsa Koramail 0716-02/Bonang.

 

Pemerintahan desa sudah banyak memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi kami, suatu saat nanti kita pasti akan berkunjung lagi dalam suasana yang lain.

 

“Kesempatan ini bisa kami gunakan untuk beramah tamah menghabiskan waktu sebelum kami kembali lagi ke kampus,” pungkas Yunita di sela istirahat setelah penanaman pohon Jali Goes to green trees. (Red/Pendim 0716/Demak).

News Feed