oleh

Banjir Musiman Landa Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau

Pulang Pisau – koranprogresif.co.id – Menanggapi adanya musibah banjir musiman di wilayah Kecamatan Banama Tingang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Drg. Sopiyah menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan untuk adanya Puskesmas Pembantu (Pustu) dari 5 (lima) Desa yang terdampak banjir di Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Berdasarkan Laporan BPBD Kabupaten Pulang Pisau, memang benar ada Pustu di lima Desa di Banana Tingang yang terdampak banjir,” kata Sopiyah kepada awak media diruang kerjanya, Selasa (31/8/2021).

Menurut Sopiyah, apabila ada banjir musiman seperti ini biasanya ada pemberitahuan dari pihak Pustu setempat, dan kami sesegera mungkin memberikan atau menyalurkan bantuan baik itu berupa transportasi ambulance beserta obat-obatan.

“Ada dua Desa yakni Desa Tangkahen dan Desa Bawan yang secara rutin mengantisipasi adanya banjir musiman tersebut,” terang Sopiyah.

Lanjutnya, mereka selama ini telah mendirikan posko siaga dengan melibatkan lintas sektor seperti, pihak Polsek Banana Tingang, BPBD Pulang Pisau, Kecamatan Banama Tingang, Kepala Desa lingkup Kecamatan Banama Tingang dan dibantu oleh relawan serta warga setempat.

“Melalui Pustu kita selalu melakukan monitoring ke lokasi banjir, apabila ada warga yang memerlukan evakuasi sudah disediakan perahu ces atau klotok milik warga masyarakat,” pungkasnya. (Tatang/Supri Progresif).

News Feed