oleh

Bamin Bhakti TNI Koramil Mejayan Melaksanakan Pembinaan Kepada Anggota Pramuka Saka Wira Kartika

Madiun – koranprogresif.co.id – Bamin Bhakti TNI Koramil 0803/08 Mejayan, Kodim 0803/Madiun, Pelda Agus Wibisono melaksanakan pembinaan rutin kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di lapangan Makoramil 0803/08 Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Minggu (5/5/2019).

Kegiatan latihan dan materi yang diberikan yaitu navigasi darat (Navrat) dan survival. Setelah penyampaian materi secara teori para anggota Pramuka diajak untuk melaksanakan kegiatan praktek Survival dan Navrat dilapangan. Pada materi survival ini para anggota diajak untuk lebih mengenal berbagai macam tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan selama tidak menjumpai makanan pokok.

“Kita perumpamakan saat ini sedang tersesat di hutan belantara, saat itu kalian sedang dalam kondisi kehabisan bekal makanan, sehingga kalian harus memanfaatkan logistik alam yakni  tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan, binatang atau hewan yang bisa dimakan dan tumbuhan lain yang bisa dinikmati selama kegiatan survival,“ ujar Pelda Agus Wibisono.

Lebih lanjut, Pelda Agus Wibisono menyampaikan materi Navrat dengan anggota pramuka diajak untuk mengenali medan dengan menggabungkan peta dan kondisi nyata dilapangan. “Saya bekali kalian dengan peta, artinya kalian sedang menuju ke satu titik dalam rangka pencarian korban bencana namun medan sangat sulit dilalui kendaraan, dengan terpaksa kalian memutar arah mencari alternatif jalan baru untuk bisa sampai ke sasaran dengan berbekal jalan peta,” imbuhnya.

Dari kedua meteri ini, tujuannya untuk menambah kemampuan anggota Saka Wira Kartika sekaligus untuk menambah kepekaan dan menumbuhkan naluri. “Harapannya materi ini dapat menjadi bekal untuk tugas sebagai seorang Pramuka dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Pelda Agus Wibisono. (Red).

News Feed