Bakamla RI Laksanakan Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

TNI Polri71 views

Jakarta – Bakamla RI melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Deputi Informasi, Hukum dan Kerjasama Laksda Bakamla Samuel H. Kowaas, M.SC.,CSBA., dan diikuti seluruh personel Bakamla yang berdinas di Jakarta bertempat di lapangan apel Mabes Bakamla RI,Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Rangkaian Upacara terdiri dari pengibaran Sang Saka Merah Putih, mengheningkan cipta guna memperingati jasa para pahlawan, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh pasukan upacara, pembacaan UUD 1945, serta amanat Inspektur Upacara yang membacakan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Pondasi dari keberhasilan Indonesia adalah ideologi Pancasila yang diwariskan dari Presiden pertama RI Ir. Soekarno. Ideologi ini yang menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang harus dipegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

Toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai dan sejahtera. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, menolak politisasi identitas dan agama, serta menolak segala bentuk provokasi. Mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan suka cita dengan memegang teguh Pancasila.

Diakhir amanatnya, “mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia maju, naik kelas, dari negara berkembang menjadi negara maju, yang adil, sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia.”, ujar Inspektur Upacara sambil membacakan amanat Presiden RI.

Tak hanya dilaksanakan di Mabes Bakamla RI, upacara ini juga dilaksanakan diseluruh Kantor Zona Bakamla Barat, Tengah, dan Timur. (Humas Bakamla RI)

Berita Lainnya