oleh

Bahagia Bersama Anak Yatim, Gerbang Emas Pamulang Bukber dan Santunan

-Nusantara, Sosbud-211 views

Tangerang Selatan – koranprogresif.co.id – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

Momen ini hanya bisa dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. Meskipun dalam suasana di terpa hujan, acara Buka Puasa (Bukber) dan Santunan Anak Yatim tetap berjalan sesuai harapan semua pihak.

Seperti yang dilakukan oleh Gerbang Emas Pamulang yang selama ini intens menjalankan program Urban Farming di Tangerang Selatan, mereka melaksanakan acara Buka Puasa Bersama (Bukber) dengan menyantuni anak yatim piatu di Balai EFKA Jaya, Kampoeng Keramat Pulo, Kel Pamulang Timur, Kec Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (19/04/2022).

Dengan acara sederhana dalam suasana kekeluargaan ini, dihadiri oleh Ketua Gerbang Emas Rahmat Daeng, Ketua KKS Tangsel, Ketua Pusat Resque FKPPI, Penasehat FKPPI Rayon Pamulang, Ketua LPM Tangsel, Kang Aldrin, Arwadi, Pengelola Makam Kyi Uyut dan para Ketua Poktan, Ketua Pokdakan, Perwakilan Alfamidi Appe Nataria Samosir Area Manager, Firmansyah, Marketing Coordinator dan anggota FKPPI Rayon Pamulang serta para anak yatim.

Dalam sambutan singkatnya, Ketua Gerbang Emas, Rahmat Daeng menyampaikan, Marhaban ya ramadhan. Kami ingin buka puasa dan berbagi di bulan suci Ramadhan dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

“Kegiatan kerohanian ini semata untuk beribadah di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Rasanya kurang afdol kalau di bulan ramadhan ini tidak dilengkapi dengan berbagi kepada sesama,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, sebagai sesama tentunya kita wajib saling membantu atau menolong, tentunya dalam hal kebaikan, senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu dengan meningkatkan infaq dan sedekah di bulan Suci Ramadhan, sehingga apa yang kita berikan dapat menjadi berkah dan bermanfaat bagi mereka.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur bisa melakukan buka puasa bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim. Selain ini, dalam cara ini. juga sebagai mempererat tali silaturahmi dengan seluruh Ketua Poktan Dan Pokdakan untuk saling bertukar pendapat dan masukan untuk kemajuan Gerbang Emas Pamulang ke depan.

Saat ini, kita juga sedang berupaya dalam hal pengolahan sampah dengan metode melalui ternak Cacing untuk mengurai sampah menjadi pangan cacing. Ini akan menjadi salah satu upaya konkrit GE Pamulang membantu pihak pemerintah Tangsel dalam mengatasi sampah organik Kota Tangsel kearah yang lebih berbasis ekonomis,” terang Daeng.

“Saya pribadi dan atas nama Ketua Gerbang Emas Pamulang beserta pengurus dan Ketua Poktan/Pokdakan juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Alfamidi Cab Bitung yang sudah berpartisipasi dalam acara ini dengan memberikan bantuan sembako beras kepada anak Yatim. Semoga niat baik dan mulia ini, selau mendapatkan ridho dan Barokah dari Allah SWT…Amin,” ucapnya.

Sementara itu, Fathulloh, Ketua Poktan KTKT mewakili Poktan/Pokdakan mengatakan, disela – sela kesibukan rekan – rekan Poktan dan Pokdakan dengan kegiatan di bidang Pertanian, Perikanan dan Peternakan, kita masih menyempatkan untuk melaksanakan Bukber dan santunan anak yatim.

“Ini adalah berkah bagi kita semua dimana, kita saling berbagi kebahagian bersama anak yatim yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Kang Aldrin, Ketua LPM Tangsel menyampaikan apresiasi yang tinggi dan mengatakan dirinya menaruh rasa bangga kepada seluruh jajaran Gerbang Emas Pamulang yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dengan Gerbang Emas Pamulang dan para Poktan/Pokdakan yang mengadakan kegiatan seperti ini di area Balai EFKA Jaya. Ternyata didalam Gerbang Emas Pamulang bergabung 4 Poktan dan 4 Pokdakan yang bergerak di bidangnya masing – masing seperti, Ikan Lele, Nila Merah, Aqua Ponik, Peternakan Cacing, Bebek, Ayam dan juga menjaga serta melestarikan Makom Keramat Ki Uyut.” ujar Kang Aldin, seraya menambahkan dan yang paling mengesankan adalah, upaya dari teman-teman di Gerbang Emas Pamulang untuk ikut mengatasi beban sampah organik di kota Tangerang Selatan dengan budidaya Cacing, sehingga setidaknya bisa menjadi gerakan positif untuk kita semua dan masyarakat Tangerang Selatan.

“Semoga kedepannya teruslah bergerak membantu masyarakat terutama anak-anak Yatim piatu dan terus menjadi manfaat untuk semua termasuk dalam menjaga Ketahanan Pangan khususnya di Tangerang Selatan,” cap Kang Aldrin. (Lingga).

Berita Lainnya