oleh

Babinsa Mendut Cek Kesiapan Jelang Perayaan Waisak

Magelang – koranprogresif.co.id – Untuk memastikan wilayahnya dalam kondisi aman, Sertu Sugiharto, anggota Babinsa Koramil 13/ Mungkid melaksanakan pengecekan kesiapan di candi Mendut jelang perayaan hari Waisak 2563 BE tahun 2019 di komplek candi Mendut, kecamatan Mungkid, Kamis (16/05).

Waisak merupakan hari suci agama Buddha. Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai “Hari Buddha”.

Berbagai persiapan digelar oleh umat Budha di Indonesia untuk memperingati hari raya Waisak 2563 BE yang jatuh pada Minggu 19 Mei 2019 esok.

Selain membersihkan tempat dan peralatan ibadah, sejumlah prosesi ritual juga dilaksanakan sebelumnya.

Seperti pengambilan air suci dan api abadi yang akan disemayamkan di Candi Mendut dan akan dibawa menuju altar utama di Candi Borobudur pada puncak peringatan Waisak.

Anggota Koramil dan Polsek Mungkid, selalu aktif melaksanakan pemantauan serta pengamanan sebelum dan selama acara keagamaan tersebut.

Komandan Koramil Mungkid, Kapten Arm Mashudi Pitoyo menyampaikan, hal yang dilakukan babinsa ini untuk cegah dini dan deteksi dini dari hal hal yang tidak di inginkan, ucapnya. (Red).

News Feed