oleh

BABINSA KORAMIL 1310-04/DIMEMBE BANTU PETANI PANEN PADI

-Mitra tni-334 views

MINAHASA UTARA – Koramil 1310-04/Dimembe melalui Babinsa Desa Pinilih Kec. Dimembe Sertu Northon Kojongian terus melaksanakan upaya khusus (Upsus) pendampingan pertanian di wilayah binaan, guna mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah, (13/5/2019).
Kali ini  Babinsa Sertu Northon melaksanakan pendampingan panen padi di lahan yang dikelola Bapak Tarigan diluas lahan 3 Ha yang diprediksi akan mencapai hasil sekitar 20 Ton Gabah.
“Di lahan seluas 3 Ha, panen padi dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar. Bahkan pada panen padi tersebut juga mendatangkan mesin perontok semi mekanik milik Poktan,” ucap Sertu Northon.
Serda Husaini yang turun langsung mendampingi di lokasi, mengatakan perkiraan produktivitas panen mencapai 8.896 kilogram atau 8,896 ton gabah dalam satuan hektar, jadi bila luasan panen lima hektar maka hasil panen diperkirakan mencapai 44, 48 ton.
Pada kesempatan berbeda, Danramil 1310-04/Dimembe Kapten Inf M. Takumansang menuturkan, aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini dimulai sejak pengolahan lahan, pemilihan benih, masa tanam dan masa perawatan tanaman hingga masa panen tiba.
“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan upaya khusus di bidang pertanian untuk membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan. Bila hasil panen melimpah maka pendapatan petani akan bertambah dan dengan sendirinya swasembada pangan akan tercapai,” ungkap Danramil.

News Feed