oleh

BABINSA KORAMIL 0801/07 NGADIROJO TURUN KE SAWAH DAMPINGI PETANI MENGOLAH TANAH YANG BAIK

-TNI Polri-125 views

 

 

Pacitan – koranprogresif co.id – Pengolahan tanah menjadi amat penting untuk menunjang keberhasilan usaha pertanian dengan tujuan agar tanaman yang diusahakan dapat tumbuh sehat dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

 

Peran tanah untuk kehidupan di bumi sangatlah vital, karena tanah merupakan tempat kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus menjadi penopang akar.

Guna mendapatkan hasil yang Maksimal tersebut Serka Bibit, Babinsa Desa Sidomulyo Koramil 0801/07 Ngadirojo turun ke sawah Mendampingi petani dalam proses penyiapan lahan untuk musim tanam tahun ini, Senin (19/11/2018).

 

Pendampingan pertanian oleh Babinsa tersebut guna mendukung program swasembafa pangan.

 

Babinsa yang pernah berdinas di satuan Kostrad tersebut menjelaskan bahwa,

tujuan Pengolahan Tanah Memperbaiki sifat-sifat fisis dan kimia serta biologis tanah. Meratakan tanah untuk memudahkan pekerjaan, Membunuh gulma dan tanaman yang tidak diinginkan, Menciptakan kondisi fisik, khemis dan biologis tanah menjadi lebih baik, Menghindarkan persaingan terhadap tumbuhan pengganggu, Menyiapkan tempat pertumbuhan benih yang serasi, Menurunkan laju erosi, Menempatkan sisa-sisa tanaman (seresah) pada tempat yang sesuai agar dekomposisi berjalan dengan baik.

Mempersiapkan pengaturan irigasi dan drainase, Mencampur dan meratakan pupuk dengan tanah.

 

“Tujuan pengolahan tanah yang lain adalah untuk memperbaiki kondisi tanah menjadi gembur sehingga pertumbuhan akar tanaman menjadi lebih maksimal, sekaligus memperbaiki tekstur tanah, sirkulasi udara dalam tanah sehingga unsur hara dapat diserap dengan baik oleh akar tanaman,” tambahnya. (Red).

News Feed