oleh

Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan Latih Pramuka Saka Wira Kartika Dan Pembekalan Wasbang

-Mitra tni-258 views

 

Pacitan – koranprogresif.co.id – Babinsa Koramil 0801/05 Nawangan, Kodim 0801/Pacitan, Serma Zainal memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Pramuka Saka Wira Kartika di halaman Monumen Jendral Sudirman Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Minggu (06/02/2022).

Dalam kegiatan pembekalan tersebut, anggota Pramuka Saka Wira Kartika diberikan materi pelatihan yang meliputi, PBB dan wawasan kebangsaan.

Serma Zainal saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian integral dari Gerakan Pramuka dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka, yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman Pramuka.

“Dengan harapan, para pemuda atau kalangan pelajar yang juga sebagai generasi penerus bangsa lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang kejuruan, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif,” ujarnya.

Saka Wira Kartika adalah, wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

“Kegiatan latihan Saka Wira Kartika dilaksanakan rutin setiap hari minggu pagi ini guna membekali anggota Saka Wira Kartika Nawangan berbagai keterampilan yang harus dimiliki, sehingga dapat berkompetisi dengan Pramuka yang lain apabila diadakan perlombaan,” tutur Babinsa. (Red).

Berita Lainnya