oleh

Babinsa Kodim 0801/Pacitan dan Masyarakat Bergotong – Royong Bantu Korban Longsor

-TNI Polri-265 views

Pacitan – koranprogresif.co.id – Hujan yang turun dengan intensitas sedang dan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kodim 0801/Pacitan, (Senin 6/11/2018) seiring dengan datangnya musim penghujan tahun ini membawa dampak terjadinya, bencana alam tanah longsor dibeberapa titik di Kabupaten Pacitan.

Dari Pantauan dilapangan, bencana tanah lonsor yang terjadi selain menutup sebagian akses jalan juga menimbun beberapa rumah penduduk.

Selain mengakibatkan jebolnya tembok rumah hujan yang terjadi, juga meruntuhkan bangunan dapur warga masyarakat. Beberapa titik longsor yang terjadi akibat dampak hujan semalam diantaranya:

Pada sekitar pukul 05.00 WIB, terjadi tanah longsor di JLS Locus tepatnya di sebelah barat jembatan Scoro Kec
Sudimoro Kab. Pacitan yang mengakibatkan sebagian badan jalan tertutup material batu besar.

Longsoran Material yang menutup sebagian akses bbm jalan Pacitan – Trenggalek tersebut mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas Pacitan – Trenggalek.

Pada waktu yang hampir bersamaan hujan juga meruntuhkan atap rumah Bapak Mukali di Rt.01/2 Dusun Klawe Desa. Sidomulyo Kecamatan Kebonagung Kab. Pacitan, runtuhnya atap rumah tersebut selain dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi di Wilayah Pacitan juga karena kondisi bangunan yang sudah rapuh dan tidak mampu menahan debit derasnya air hujan. Kerugian dari runtuhnya atap rumah Bapak Mukali ditaksir sekitar Rp 8.000.000,-.

Selain Longsor dan runtuhnya atap rumah hujan yang terjadi juga mengakibatkan terjadinya lonsor yang menimpa 3 rumah warga Pacitan di tiga kecamatan yang berbeda.

Rumah Bapak Suratno di Rt 02/ Rw 01 Dusun Krajan Wetan Desa Kalak Kec Donorojo, tertimpa longsoran talut yang mengakibatkan kerugian sekitar Rp 10.000.000,-
Material Lonsoran tanah dan batu juga mengakibatkan jebolnya sebagian dinding rumah Bapar Nurdi di Rt 02 / Rw 08 Dusun Mbulih Desa Wonanti Kecamatan Tulakan dan Rumah Mbah Boiman Dusun Nglumbu, Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo yang mengakibatkan Dinding rumah Mbah Boiman Jebol.

Guna membantu Korban bencana tanah longsor yang menimpa Warga, Babinsa, Linmas, Perangkat Desa dan masyarakat bergotong – royong membersihkan Material longsoran.

Letkol Kav A.H. Lawitang, Komandan Kodim 0801/Pacitan telah menginstruksikan kepada Jajarannya agar senantiasa siaga menghadapi bencana seiring datangnya Musim hujan.

Selain akibat curah hujan yang tinggi, kondisi geografis Wilayah Pacitan berupa pegunungan dan perbukitan dan kontur tanah yang memang sangat rawan terjadinya longsor. “Mudah – mudahan datangnya musim hujan kali ini Wilayah Pacitan aman,” ujarnya. (Red).

News Feed