oleh

BABINSA JETAK KORAMIL 0801/08 TULAKAN, AJAK POKDARWIS SENANTIASA JAGA KEBERSIHAN PANTAI

-TNI Polri-149 views

 

 

Pacitan – koranprogresif.co.id – Pantai Pidakan merupakan salah satu pantai yang ada di kota Pacitan yang memiliki panorama alam yang cukup menarik untuk Anda kunjungi. Pantai ini menjadi lebih istimewa dengan hamparan batu putih di seluruh bibir pantai. Pantai ini berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

 

Serka Sugiatno, Babinsa Desa Jetak Koramil 0801/08 Tulakan mengajak anggota Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) Pantai Pidakan Dusun Godek kulaon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat wisata tersebut, guna menjaga keasrian dan kenyamanan pengunjung, Sabtu (17/11/2018).

 

Babinsa yang di Desa Binaanya mempunyai 2 Obyek Wisata Pantai tersebut yaitu Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale tersebut aktif datang ke Pantai saat hari libur maupun jam kerja, semata mata untuk menjalin komunikasi dan mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan obyek wisata karena Pariwisata salah satu sumber pendapatan terbesar di Kabupaten Pacitan.

 

“Monggo Bapak-bapak, Ibu-ibu dan semua yang hadir disini kita rawat dan kita jaga pantai kita, sehingga dengan tempat yang bersih dan nyaman pengunjung akan kerasan dan akan kembali lagi,” ujarnnya

 

Pantai ini setiap hari ramai dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengagumi keindahan pantai ini. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material pantainya sekitar 70 persen yaitu bebatuan alam  dari berbagai macam jenis dan ukuran dan sisanya merupakan pasir putih. Batu tersebutlah yang menjadi salah satu icon Pantai Pidakan ini.

 

Kebersihan pantai juga menjadi prioritas yang utama di Pantai ini, sehingga setiap pengunjung yang sedang berkunjung ke Pantai ini hendaklah membuang sampah pada tempatnya, dan yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu mengingat laut Pacitan memiliki ombak yang cukup besar, Pengunjung di larang berenang mengingat ombak laut yang datang secara tiba-tiba.

 

Pohon-pohon kelapa yang masih asri mempercantik area Pantai Pidakan ini.

 

Bagi Anda yang hobi dengan fotografi di Pantai Pidakan ini sangat cocok untuk di jadikan tempat hunting, tak sedikit pula calon pengantin dari berbagai daerah datang ke Pantai ini untuk melakukan sesi preweding. Untuk Fasilitas yang ada di Pantai Pidakan antara lain, toilet umum, mushola, tempat parkir dan beberapa warung yang menawarkan berbagai macam dagangannya.

 

Di pantai ini jika air laut, sedang surut Anda akan melihat beberapa warga sekitar Pantai Pidakan ini mencari kerang di celah-celah lubang  bebatuan karang di sepanjang bibir Pantai.

 

Untuk ke Pantai Pidakan ini, jika Anda dari Pusat kota Pacitan akan menempuh jarak kurang lebih 30 kM. Akses jalan menuju Pantai Pidakan sangatlah mudah Anda bisa memalui jalur baru yaitu Jalur lintas selatan atau yang di sebut dengan jalur JLS.

 

“Untuk ke Pantai Pidakan ini hanya bisa di akses menggunkan roda 2 maupun roda 4 saja karena jalan yang lumayan sempit, sehingga di jalur menuju Pantai tersebut di berlakukan 1 arah saja. Dari jalan raya, masuk mengikuti petunjuk arah kurang lebih hanya menembuh 200 meter hingga menuju bibir pantai,” jelasnya. (Red).

News Feed