oleh

BABINSA DATA WILAYAH PENGAWASAN KONDISI DEMOGRAFI

-TNI Polri-172 views

BITUNG – Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional, Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional.
Demikian halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Serda Reskiman sebagai tanggung jawab wilayah binaanaanya yaitu Kelurahan Tanjung Merah dengan mendata batas-batas wilayah di Kantor Kelurahan Tanjung Merah Kec. Matuari Kota Bitung, (13/11/2018).
“Koordinasi penentuan batas-batas kelurahan dengan melihat Peta Kelurahan Tanjung Merah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bitung,” ujar Serda Reskiman.
Ada pun batas-batas wilayah yang di ambil sbb:
1. Batas arah Barat, Desa Pimpin dan Desa Watudambo.
2. Batas arah Utara, Kel. Sagerat
3. Batas arah Timur, Kel. Manembo- Nembo
4. Batas arah Selatan, Laut Selat Lembeh.
Tujuan pendataan batas-batas wilayah, kata Reskiman, adalah tugas seorang Babinsa dalam rangka pembinaan teritorial terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya.
“Setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayah, saya sudah tahu batas-batas daerah teritorial binaan,” ujarnya.

News Feed