oleh

Babinsa Bantu Kerja Bakti Bersihkan Sampah Di Aliran Sungai Wulan

Demak – koranprogresif.co.id – Babinsa Undaan Kidul Koramil 08/Karangayar, Pelda Tohir berserta tokoh masyarakat dan warga melakukan kerja bakti di sungai Wulan Desa Undaan Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (12/01/2023) pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB.

Kegiatan kerja bakti kali ini dengan memperbaiki tanggul yang tergerus air pasca Hujan terus menerus yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Demak dan Sekitarnya beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Undaan Kidul, H. Muh Efendi menjelaskan, kegiatan kerja bhakti yang dilakukan warganya tersebut melibatkan puluhan orang. Semuanya bekerja bakti dengan membersihkan tanggul sungai dengan alat seadanya yang di bawa warga.

“Semua berharap bahwa upaya penanganan bencana tidak bisa ditangani oleh satu instansi namun seluruh perangkat daerah dan elemen masyarakat bersinergi untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana di wilayah. Saat ini curah hujan diberbagai daerah masih cukup tinggi untuk itu kami ingatkan agar masyarakat waspada dan tidak membuang sampah di sungai, sebab, bila sampah terdorong arus sungai dan menumpuk akan menyumbat aliran sehingga air melimpas dan terjadi banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Danramil 08/Karanganyar, Kapten Cba Haryono mengatakan bahwa, karya bakti dilaksanakan untuk mengoptimalkan pengairan dan kebersihan lingkungan. Pembersihan sampah-sampah di seputaran Kali Wulan ini, dilakukan guna meminimalisir terjadinya banjir luapan sungai.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah menjadi kegiatan rutin Desa dan Koramil dalam rangka membantu masyarakat utamanya percepatan pembangunan irigasi saluran sungai. Sehingga air sungai dapat mengalir dengan lancar, dan juga berpotensi memperindah dan menyehatkan lingkungan. “Selain itu juga, sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat. Sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kokoh dan mantab,” ujarnya.

Sampah merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan lingkungan. Sampah adalah, bahan yang dibuang sebagai sisa dari produksi industri dan rumah tangga. Sampah adalah bahan buangan yang merupakan hasil aktivitas manusia dan alam, karena unsur atau fungsinya sudah diadopsi, tidak lagi dimanfaatkan. (Red/Pendim 0716/Demak).

Berita Lainnya