oleh

Audiensi Koalisi LSM Terkait Penanganan Kasus Bawaslu Banjar

-TNI Polri-125 views

 

Martapura – koranprogresif.co.id – Koalisi Lintas Aktivis Kalsel yang di Koordinir oleh Bahrudin, semula akan menggelar Demonstrasi di Markas Polresta Kabupaten Banjar, namun mengingat Kondisi pandemi dan kenyamanan pengguna jalan Demonstrasi urung, dirubah menjadi kegiatan Audiensi, Kamis (23/09/21).

Pada Audiensi terkait penangan kasus dugaan adanya tindak pidana korupsi di Bawaslu Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan ini, Koalisi LSM duduk satu meja dengan Wakapolres Banjar, Kompol Mohammad Fihim, S.H., M.Sc dan Jajaran.

Sebagai pembuka acara, Wakapolres Banjar menyampaikan terimakasih kepada Koalisi LSM yang telah datang dan memaklumi kondisi saat ini serta memahami kultur masyarakat Kabupaten Banjar.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dialog antara kedua Pihak. Ketua LSM KPK APP Aliansyah, dalam penyampaiannya mempertanyakan tentang penangan perkara yang tengah viral dimasyarakat antara lain adalah dugaan terjadinya tindak pidana korupsi di Bawaslu Kabupaten Banjar.

Menanggapi ini, Kasat Reskrim, IPTU Fransiskus Manaan menjelaskan bahwa, pihaknya terkait perkara yang disampaikan, awalnya mendapatkan informasi dan bukan berupa laporan. Informasi tersebut yakni dugaan adanya Tindak Pidana Korupsi pada Bawaslu Kabupaten Banjar. “Jadi duduk permasalahan yang ada, berawal dari informasi yang kami temukan, sehingga kami mendapatkan dokumen dokumen,” ungkap Kasat Reskrim.

Menurutnya, dari dokumen pertanggung jawaban terealisasi seharusnya dikembalikan sekitar Rp 1,2 Milyar yang dikemballikan ke kas daerah hanya sekitar Rp 102 juta.

Saat ini pihak penyidik Polresta Kabupaten Banjar tengah mempelajari dokumen / data – data temuan dan sambil melakukan pemanggilan terhadap orang terkait perkara ini. Oleh karena itu, meminta agar di berikan ruang dan waktu untuk merampungkan kasus ini, juga mempersilahkan untuk mengawal kasus ini sampai tuntas.

Koordinator Koalisi LSM, Bahrudin yang akrab di panggil Udin Palui, atas penjelasan tersebut mengapresiasi dan mensupport Polresta Banjar untuk menyelesaikan kasus ini. (MN).

News Feed