oleh

ASOPS DANLANTAMAL III BUKA LATIHAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN HAM DISKUM LANTAMAL III

-Mitra tni-60 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, Asisten Operasi Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Agung Nugroho, S.E., M.Tr. Hanla mewakili Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han membuka Pelatihan Hukum Humaniter Internasional dan Hak Azasi Manusia (HAM) Dinas Hukum (Diskum) Lantamal III TW IV TA 2022 di Gedung serbaguna Mako Lantamal III Jakarta, Jl. Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta Utara, Senin(19/12/2022).

Saat pembukaan kegiatan yang diikuti 75 peserta dari Mako Lantamal III dan Lanal jajaran, Asops Danlantamal III mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman prajurit TNI AL, khususnya di lingkungan Lantamal III Jakarta tentang ketentuan hukum humaniter internasional yang berlaku dalam operasi militer dan HAM. “Sehingga target dan sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal,” ungkap Asops Danlantamal III.
Melalui kegiatan yang mendatangkan nara sumber dari Delegasi Regional ICRC (International Comite Red Cross ), lanjut Agung, prajurit TNI AL Lantamal III dapat memiliki keterampilan dalam menerapkan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan hukum perang dan HAM didarat dan dilaut. Artinya, tuntutan tugas TNI AL sangat kompleks, namun sebagian besar prajurit TNI AL terbatas dalam pengetahuan hukum humaniter internasional dan HAM. Sehingga diharapkan nantinya personel TNI AL Lantamal III mampu menghindari tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan institusi TNI Angkatan Laut.

(Red)

Berita Lainnya