oleh

Antisipasi Penularan PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Terisi Lakukan Pemantauan Hewan Ternak

Indramayu – koranprogresif.co.id – Bhabinkamtibmas Polsek Terisi jajaran Polres Indramayu Polda Jabar, Bripka Ibnu Hajar melaksanakan pemantauan terhadap hewan ternak sapi dalam rangka mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Desa Jatimunggul Blok Tegal, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Kamis (19/5/2022).

Kapolres Indramayu, AKBP M. Lukman Syarif melalui Kapolsek Terisi, AKP Hendro Ruhanda menyampaikan, Kegiatan ini salah satu upaya mitigasi, identifikasi serta pengendalian penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak sapi di wilayah Kecamatan Terisi.

Disampaikan Kapolsek, dalam kegiatan itu selain melakukan pemantauan hewan ternak, Bhabinkamtibmas juga menyampaikan cara pencegahan yang baik terhadap virus PMK itu tidak hanya memberikan makanan yang bagus untuk hewan ternak tetapi juga faktor kandang yang memenuhi syarat

“Kandang harus selalu dijaga kebersihannya, kewajiban peternak setiap pagi dan sore harus rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kandang,” ungkap AKP Hendro didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Didi Wahyudi.

Ditambahkan Kapolsek, bagi peternak sapi harus memperhatikan kesehatan dengan cara memberikan vitamin dan selalu perhatikan kebersihannya.

Kapolsek juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah penyakit PMK.

“Jika terindikasi penyakit segera laporkan ke Polsek dan instansi terkait,” pungkasnya. (Krz)

Berita Lainnya