oleh

Antisipasi Banjir, Koramil 0801/07 Ngadirojo Gotong-Royong Perbaiki Tanggul Sungai

Pacitan – koranprogresif.co.id Untuk mencegah terjadinya banjir agar tidak meluap ke pemukiman warga, anggota Koramil 0801/07 Ngadirojo, Kodim 0801/Pacitan bersama warga melaksanakan gotong royong pembuatan tanggul sungai, yang berada di Desa Wonokerto, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Kamis (01/11/2022).

Pembuatan tanggul sungai tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat dan Pemerintah Desa, sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap bahaya banjir, untuk mencegah agar tidak meluap ke pemukiman warga apabila terjadi hujan deras.

Selain itu, kegiatan pembuatan tanggul tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tidak terjadi abrasi akibat aliran air sungai.

Salah satu anggota Koramil 0801/07 Ngadirojo, Serma Bibit mengungkapkan bahwa, pembuatan tanggul sungai tersebut, selain untuk mencegah terjadinya banjir dapat menumbuhkan semangat gotong-royong masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

“Untuk sementara waktu, sambil menunggu perbaikan secara permanen dari Pemerintah, kami bersama Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan gotong royong secara swadaya,” kata salah satu anggota Koramil Ngadirojo saat bersama masyarakat di lokasi.

Dengan memanfaatkan bambu dan kayu yang di tancapkan untuk menahan tanah agar tidak longsor, harapannya dapat berfungsi baik, sehingga saat terjadi hujan deras, air sungai tidak meluap dan menggenangi pemukiman warga.

“Semoga apa yang kita lakukan bersama, dapat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan terhadap bencana banjir khususnya di wilayah Kab. Pacitan,” tuturnya. (Red).

Berita Lainnya