oleh

Anies: Tahun Depan, DKI Terbebas dari Saham Bir

Jakarta – koranprogresif.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan bisa melepas saham di PT Delta seluruhnya tahun depan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan, pihaknya ingin agar DKI tidak lagi memiliki keterkaitan dengan perusahaan produsen minuman beralkohol tersebut.

“Mudah-mudahan akan segera tuntas (pelepasan saham). Tahun depan mudah-mudahan sudah tidak ada lagi,” ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jum’at (16/8/2019).
Pemprov DKI Jakarta sendiri memiliki saham sebesar 26,25% dan mendapat dividen maksimal Rp 50 miliar per tahun.

Rencana penjualan saham PT Delta yang terkenal dengan merek dagang Anker Bir itu sudah dihembuskan Anies sejak tahun lalu, namun masih menemui beberapa kendala, antara lain belum didapatnya persetujuan DPRD DKI Jakarta.

Di sisi lain, nilai saham Pemprov DKI yang mencapai Rp 1,2 triliun bisa digunakan untuk program lain, semisal jaringan perpipaan distribusi air bersih.

“Warga Jakarta lebih membutuhkan air minum. Jadi dana itu lebih penting dipakai, tapi untuk bangun infrastruktur bagi air minum, apalagi (dividen) tambahnya cuma segitu, kan sedikit sekali,” imbuhnya.

Nilai dividen yang dibagikan PT Delta pun tiap tahunnya cenderung stagnan, malah pernah menurun.

Anies pun mengungkapkan, jika menunggu akumulasi pembagian dividen dari PT Delta sesuai nilai saham yang dimiliki Pemprov, akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

“Mungkin puluhan tahun baru sama dengan nilai sahamnya,” terangnya. (Erwin).

News Feed