oleh

ANCM ke-16 TNI AL Bahas Kesejahteraan dan Keamanan Kawasan

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kesejahteraan dan keamanan kawasan Indo-Pasific khususnya Kawasan Asia Tenggara menjadi salah satu topik pembicaraan yang dibahas dalam forum Asean Navy Chief’s Meeting (ANCM) ke-16 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali dan dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, Senin (21/08) kemarin.

Kasal menjelaskan, telah melaksanakan pertemuan-pertemuan secara intens agar lebih mudah dalam berkoordinasi melalui pelaksanaan latihan-latihan maupun patroli secara terkoordinasi khususnya di perbatasan-perbatasan antara Indonesia dengan negara ASEAN sehingga semuanya sepakat untuk menjaga stabilitas kawasan di laut khususnya negara ASEAN.

Banyaknya kegiatan illegal di Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Sulu seperti penyelundupan narkoba, imigran illegal/PMI, Baby lobster, miras yang hampir setiap minggu terjadi juga menjadi pembahasan pada forum ini. “Hal-hal seperti ini kalau kita tidak bekerja sama maka akan capek sendiri,” kata Kasal.

“Bagi negara yang berbatasan saat ini sudah dilaksanakan patroli terkoordinasi baik dengan Thailand maupun Malaysia, kedepan akan dibuka kembali dengan Filipina,” tambah Laksamana Yudo.

ANCM merupakan agenda tahunan yang penyelenggaraannya secara bergiliran oleh Angkatan Laut ASEAN dan bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan kerja sama antara Angkatan Laut anggota ASEAN di masa depan dan memperkuat hubungan sekaligus untuk menjaga stabilitas keamanan Kawasan. TNI AL dipercaya sebagai tuan rumah dalam ANCM ke-16 tahun ini.

Event berskala internasional ini akan dilaksanakan selama 3 hari hingga tanggal 24 Agustus 2022. Agenda meeting dibagi dalam beberapa sesi pembahasan diantaranya Future host of Asean Navy Training Experience Exchange Programe (ANTEEP) oleh delegasi IFC, Working Group Road Map ANCM 2024-2032 oleh Delegasi TNI AL, Implementing Concept Guidelines Maritime Interactions oleh Delegasi PN, Discussion on the future of ASEAN Multilateral Naval Exercise oleh RSN.

Sesi selanjutnya, juga dibahas 4th Multilateral Naval Exercise Komodo 2023, International Cadet Seminar 2023 dan Asean Cadet Sail 2023 oleh TNI AL, IMDEX oleh RSN, Asean Navy Young Officers Interaction (ANYOI) oleh delegasi RBN dan Asean Maritime Naval Exercise Plus sekaligus presentasi oleh PN selaku Tuan Rumah ANCM ke-17.

Disela-sela kegiatan juga diagendakan bilateral meeting antara para pemimpin Angkatan Laut negara Asean dan Gala Dinner serta kegiatan Spouse dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata seperti Istana Tampak Siring, Museum D’Blanco, Rumah Makan Bebek Tepi Sawah, Bali Art Center dan beberapa tempat wisata lainnya. (Red).

Berita Lainnya