oleh

Alih – Alih Bantuan Open Jagung dari Kementan Manfaat Untuk Petani, Malah Mangkrak

Lampung Selatan – koranprogresif.co.id – Banyaknya bantuan dari pemerintah Pusat berupa peralatan bagi pertanian terkadang tidak sesuai apa yang menjadi pengajuan dan kebutuhan Para Petani di Lampung Selatan.

Hal tersebut terungkap dari masyarakat (petani) yang mengatakan bahwa bantuan Pemerintah berupa Alat Pengering open jagung yang telah di bangun beberapa tahun yang lalu untuk memproses hasil pertanian berupa jagung volumenya tidak sesuai dengan kapasitas yang diharapkan. Sehingga ketika di paksakan di operasikan mereka mengalami kerugian krna tidak sesuainya biaya operasional dengan hasilnya.

Salah satu, Pengurus Kelompok warga Desa Sripendowo Kecamatan Ketapang Lamsel yang enggan di media kan namanya mengatakan, kapasitas open nya hanya 2 Ton, belum minyaknya dan ongkos pekerjanya sudah berapa?? Pikiran kita yang namanya open itu paling enggaknya kapasitas volumenya satu mobil colt Diesel atau sekitar 15 Ton, tapi kenyataannya kecil begitu. Jadi, kami mengalami kerugian terus karena tidak sesuai hasilnya.Waktu itu PPL nya namanya ibu Warti Rahayu,” ungkap pengurus kelompok tersebut (24/6).

Kemudian Tim awak media melakukan konfirmasi kepada Warti Rahayu via Saluran Telpon. “Setahu saya bantuan itu dari Kementrian Pertanian (Kementan). Apa yang menjadi keluhan kelompok Sudah kita laporkan, waktu itu sudah di survei oleh pihak dari Pusat krna laporan ketua Kelompoknya tidak bisa di gunakan sama di daerah Desa Lainnya. Saat itu KUPT nya ada lah Pak Sutris,” ujarnya.

Sutris, selaku mantan KUPT Pertanian Kecamatan Ketapang saat di konfirmasi via Saluran Selulernya pada (15/6) mengatakan bahwa, urusan Open tersebut seharusnya tanyakan dengan KUPT sekarang, Dalihnya.

“Sampean tidak salah alamat, seharusnya tanyakan dengan yang menjabat sekarang pak Erlan. Kenapa enggak di pake atau enggak ada orang,apa gak ada barang,” ucapnya seolah tidak mau tahu.

Dia tanya bantuan tahun berap open tersebut, ia mengatakan, Saya sudah lupa, tutupnya singkat seolah menghindar dari pertanyaan awak media

Kemudian tim awak media mencoba menyambangi Kantor Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) yang terletak di Desa Ketapang Kecamatan Ketapang Lamsel, untuk menanyakan informasi terkait Bantuan Pengering Open jagung yang banyak mangkrak di wilayah Kecamatan Ketapang kepada pejabat yang berwenang saat ini, pada Senin (29/6).

Petugas yang mendiami salah satu rumah di area Kantor tersebut, ketika di tanya mengapa kantor masih sepi belum ada yang hadir ngantor?

Ia mengatakan, tunggu aja biasanya pasti ngantor, ucapnya sebelum pergi dari area Kantor itu untuk bertugas di tempat lain.

Namun setelah menunggu dari pukul 07.40 wib sampai pukul 09.00 wib, tidak ada petugas Pertanian kecamatan Ketapang yang tampak hadir di kantor BPP tersebut.

Sampai brita ini dirilis, belum ada keterangan resmi dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Selatan. (HK/AW).

News Feed