oleh

Aksi Demo Kolone senapan hingga Serangan Kilat, Tutup Rangkaian Pelantikan Dikmaba TNI AL 41/2

-Mitra tni-361 views

 

Sidoarjo – Koranprogresif.co.id,  23 Maret 2022 Aksi Demo Kolone senapan hingga demo serangan kilat yang dimainkan oleh para Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan 41 Gelombang 2 berhasil mengundang decak kagum seluruh undangan dan keluarga yang hadir dalam Upacara Pelantikan dan Penyumpahan Dikmaba yang dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo, Rabu (23/03).

Acara yang digelar usai upacara pelantikan tersebut, diawali dengan demo kolone senapan oleh 121 prajurit yang baru saja dilantikan. Demo kolone senapan ini merupakan gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersenjata yang dikreasikan dengan suatu seni tetapi tidak mengurangi gerakan-gerakan dasar atau aturan dalam baris berbaris. Gerakan-gerakan dapat dimainkan secara kompak dengan berbagai manuver gerakan.

Selain kolone senapan, upacara pelantikan juga dimeriahkan oleh demo pluit khas TNI AL, demo semaphore, demo halang rintang, demo senam balok, demo bela diri militer serta demo serangan kilat oleh puluhan prajurit Bintara Remaja TNI AL yang baru saja dilantik.

Acara demo tersebut disaksikan oleh para Pejabat Utama Kodiklatal yang hadir dalam Upacara Pelantikan, diantaranya Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal. Selain itu, disaksikan pula oleh Danpuspenerbal, Danpasmar 2 Surabaya dan Kadispsial serta keluarga para siswa.

Pelantikan dan penyumpahan siswa Sekolah Bintara Puslatdiksarmil tersebut diikuti 762 orang siswa dengan rincian 672 siswa pria dan 90 orang siswa Wanita.

Dankodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti, sehingga saat ini para siswa semua berhak untuk mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua.

Usai pelantikan ini, selanjutnya, para siswa akan melaksanakan pendidikan dasar golongan lanjutan yang bertempat di tiga Kodik yaitu Kodikopsla, Kodikmar maupun Kodikdukum, sesuai dengan kejuruannya masing-masing.

Pelantikan dan penyumpahan ini, sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun SDM TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

(Red)

Berita Lainnya