oleh

AKHIR DARI RANGKAIAN PROGRAM CREATOR MUDA ACADEMY 2019 MENJELAJAHI 10 KOTA DI INDONESIA UNTUK MENGEDUKASI PELAJAR BAGAIMANA MENGEKSPRESIKAN DIRI SECARA KREATIF LEWAT KONTEN POSITIF.

-Pendidikan-29 views

 

Bandung-Koranprogresif.co.id, setelah sebelumnya singgah di 9 kota besar yang ada di Indonesia, akhirnya sampai juga kami di kota Bandung yang adalah destinasi final untuk Roadshow Creatormuda Academy di tahun 2019. Kolaborasi erat konsorsium 5 institusi yaitu Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie, Peace Generation dan Yayasan Ruang Guru dengan dukungan penuh dari Google.org melahirkan sebuah konsep Project dengan nama INSPIRE (Indonesia Spirit Rejuvenation).

Acara Creatormuda Academy ini diselenggarakan pada tanggal 25 sd 26 Oktober 2019 bertempat di Moxy Hotel, Bandung, dengan jumlah peserta 150 orang. Narasumber yang hadir pada kesempatan kali ini adalah :
1. Atalia Praratya, Bunda Literasi Jabar
2. Fahd Pahdepie, Penulis dan Aktivis
3. Oktora Irahadi, Marketing Director Cameo Project
Pelajaran yang diberikaN adalah :
1. Photography & Videography by Cameo Project
2. Writing by Irfan Amalee
3. Design by Ahmad Rijal Hadian

“Creatormuda Academy merupakan sebuah sinergi antar google.org dan kolaborasi dari berbagai institusi untuk memberikan kesempatan berkreasi bagi para pelajar mengaktualisasikan diri. Pelajar secara cerdas diajarkan untuk mampu memberikan filter terhadap berbagai konten yang saat ini marak berkembang. Pelajar akan diberikan pembekalan tentang bagaimana menghargai perbedaan, meningkatkan toleransi dan mengekspresikan diri lewat konten positif, pada akhirnya pelajar bisa mempublikasikan karyanya pada platform Madingsekolah.id” Demikian dituturkan oleh Oktora Irahadi, Marketing Director Cameo Project di sebuah sesi wawancara.

Di akhir dari roadshow ini, Creator Muda Academy melaporkan bahwa perjalanan ini telah berhasil mengundang 40 sekolah menengah atas dari berbagai daerah untuk berpartisipasi untuk mengirimkan tim madding sekolah mereka. Hasilnya kami bertemu dengan 2000 pelajar, mengajar ke 100 tim madingsekolah di 10 kota mengenai menulis, fotografi, videography dan design grafis. Program ini berhasil mendapat rata2 37 mading sekolah perbulan ter-unggah lengkap dengan video dan tulisan yang dibuat oleh pelajar untuk pelajar lainnya.

Kami percaya, bahwa siswa sangat percaya pada peersnya, maka dari itu kami mendukung penuh pelajar untuk membuat konten positif agar dapat mempengaruhi sekitar mereka. Harapan kami adalah agar setiap pelajar, tidak hanya memiliki skill, tapi juga intensi yang baik dalam membuat dan mengkonsumsi konten yang baik. Peranan pemerintah dan swasta tentu akan membuat kegiatan ini semakin besar di tahun mendatang.

Hal diatas sebetulnya didasari oleh Konsep INSPIRE PROJECT yang merupakan sebuah visioner kreatif yang dibentuk oleh para kreator berkeinginan untuk mengajarkan anak bangsa bagaimana pandai dan cerdas berinteraksi di dunia digital. Hal ini tercetus ketika melihat adanya fenomena yang berkembang dengan intensitas lebih dari 50% Masyarakat Indonesia belum bisa membedakan mana berita, hoax maupun real.

Menurut penelitian, Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara perihal literasi media ditambah lagi menurut survey Edelman Trust Barometer 2018, 63% Masyarakat indonesia yang disurvey tidak bisa membedakan yang mana berita jurnalisme, opini atau hoax, dan 59% diantaranya tidak mengetahui mana media terpercaya (credible) dan tidak kredibel. Menurut data saat ini ada 43.000 platform berita online dan hanya ada 200 yang terverifikasi oleh Dewan Pers Indonesia, dan hoax tentunya disebarkan paling banyak melalui social media (internet).


Fenomena ini menjadi masalah besar untuk kita yang hidup di era serba digital ini. Melihat 10 tahun ke depan Indonesia akan memasuki masa keemasan dimana angka usia produktif akan lebih besar dibanding tahun yang sebelumnya. Dan, kondisi ini hanya terjadi satu kali dalam sebuah sejarah Negara. Berdasarkan hal ini Pelajar sebagai generasi penerus bangsa perlu diberikan sebuah wadah kreatif dalam bentuk Creatormuda Academy.

Tujuan dari wadah ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan menjadi filter dalam upaya menghalau konten negatif yang tengah pesat berkembang.
Creatormuda Academy merupakan ruang kreatif pelajar untuk memenuhi dunia internet dengan konten positif. Wadah ini merupakan inisiatif public untuk melawan narasi-narasi kebencian bahkan yang mengarah pada narasi kekerasan ekstrimisme melalui karya kreatifitas positif pelajar dalam bentuk artikel, video, foto, design yang diunggah ke madingsekolah.id.

Rangkaian Roadshow di tahun 2019 memang sudah berakhir, namun kami tidak berhenti disini, saat ini kami sedang menyiapkan program untuk 2020 dengan target yang lebih besar dan kreatif untuk memperlengkapi generasi muda mempersiapkan masa depan yang lebih baik, dan untuk meninggalkan warisan positif agar mampu menjaga keutuhan bangsa, menghargai perbedaan dan mengekspresikan diri dengan cara yang kreatif dan positif.
informasi lebih lanjut mengenai madingsekolah.id dapat diakses di website www.madingsekolah.id, Instagram: @madingsekolah.id, twitter : @madingsekolah.id, Facebook: madingsekolah.id dan Youtube.

( Angel)

News Feed