oleh

168 Calon Wisudawan Purnawira Pati TNI AD Gelar Temu Kangen di Akmil

Magelang – koranprogresif.co.id – Sebanyak 168 calon wisudawan Purnawira Pati TNI AD menggelar acara temu kangen, bertempat di Lap. Pancasila, Lembah Tidar, Akmil Magelang, Minggu (10/11/2019).

Acara Temu Kangen ini dilaksanakan sehari sebelum dilaksanakan wisuda purnawira yang akan dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Magelang, Jawa Tengah.

Dijelaskan Kadispenad bahwa, dari 168 peserta temu kangen yang akan mengikuti upacara Wisuda Purnawira Pati TNI AD TA.2019 ini, diantaranya adalah Jenderal TNI (Purn) Mulyono mantan Kepala Staf Angkatan Darat dan Letjen TNI (Purn) DR. dr. Terawan Putranto (Menteri Kesehatan RI).

Acara Temu Kangen ini, menurut Kadispenad, merupakan wahana untuk saling bersilaturahmi dan berkomunikasi sesama calon Wisudawan, serta dengan generasi penerus TNI AD, sehingga tumbuh keakraban dan ikatan yang semakin kokoh serta solid diantara kita semua.

“Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk bernostalgia dan melepas kangen, guna mengenang kembali masa-masa indah yang telah dilalui para calon Wisudawan saat menjadi Taruna dan semasa aktif sebagai prajurit TNI AD,” ungkap Candra.

Acara temu kangen tersebut, diawali dengan tradisi penyambutan Wisudawan didampingi istri masing-masing di depan Pintu 1 Kesatrian Akmil oleh Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman beserta Istri serta pengalungan bunga dan pemberian bunga tangan dari Danmenkorpstar dan Kasetmenkoprstar kepada Wisudawan Tertua, yakni Jenderal TNI (Purn) Mulyono dan Ibu Sita Mulyono

Selanjutnya, para wisudawan didampingi istri masing-masing melihat foto-foto kenangan yang terpajang di sisi lapangan Pancasila. Sambil menikmati hidangan dan beramah tamah, para wisudawan disuguhi penampilan apik dari GSCL (Genderang Suling Canka Lokananta) dan kolaborasi Taruna Akmil serta hiburan yang ditayangkan melalui videotron.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Akmil mengatakan bahwa, acara temu kangen yang telah dijadikan tradisi di lingkungan TNI AD ini, tersirat pesan yang sangat mendalam bagi generasi penerus TNI AD akan semangat pengabdian para Wisudawan sebagai prajurit pejuang, yang tidak pernah pudar di hati sanubari dalam derap langkah pengabdian kepada tanah air, bangsa dan negara.

“Nilai-nilai perjuangan TNI AD yang tetap terpatri di dalam hati sanubari para Wisudawan, dapat dijadikan sebagai dukungan moril bagi kami, dalam rangka mendidik kader-kader calon pimpinan TNI AD di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Wisudawan Jenderal TNI (Purn) Mulyono dalam sambutan menceriterakan pengalaman dan kesannya selama menjadi taruna dan mengabdi sebagai prajurit TNI AD.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI (Purn) Mulyono mengajak yang hadir untuk terus menjaga semangat juang, terutama dalam menjaga tegak kokohnya NKRI.

Dalam kesempatan temu kangen tersebut, Kasad didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa menyerahkan Cenderamata berupa Miniatur Patung Prajurit, Penjepit Dasi Emas dan Bross Emas kepada perwakilan wisudawan, yakni Jenderal TNI (Purn) Mulyono dan Ibu Sita Mulyono.

Selain itu, juga dilaksanakan penyerahan KTA PEPABRI, penyematan Lencana dan Penyerahan KTA PERIP kepada Letjen TNI (Purn) M. Munir beserta istri, Pemakaian Topi, Penyerahan KTA PPAD dan Kartu Asabri kepada Letjen TNI (Purn) Agus Surya Bakti, serta penyerahan buku kenangan kepada Letjen TNI (Purn) Edi Rahmayadi dan Buku Psikografi kepada Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

Setelah acara temu kangen dilanjutkan dengan tradisi ikrar. Rangkaian tradisi ikrar yang berlangsung dengan khidmat dan penuh haru di bawah guyuran hujan, ditandai dengan pembacaan puisi, lagu dan renungan serta dilanjutkan dengan pembacaan ikrar wisudawan, menyanyikan hymne taruna dan doa serta ditutup dengan ledakan kembang api di atas Bukit Tidar

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Dankodiklatad, Letjen TNI A.M Putranto, S.Sos., Ketua Umum DPP PEPABRI, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua Umum PPAD, Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, serta Ketua Umum PERIP, Ibu Djoko Suyanto, Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, para pejabat TNI AD serta tamu undangan lainnya. (Red/Dispenad).

News Feed